Sabtu, 09 Juni 2012


Indonesian Amateur Radio Satellite update

News
terjemah langsung dari :

Wisnu Widjaja, YBØAZ menyampaikan kabar terkini tentang dua satelit baru Amatir Radio Indonesia, Lapan-ORARI dan LAPAN-A2 yang direncanakan akan diluncurkan pada tahun 2011.

Lapan-ORARI akan membawa sebuah transponder voice FM dengan output 5 watt dengan up-link di 435.880 MHz dan 145.880 MHz pada downlink, serta Digipeater APRS pada 145.825 MHz. Juga akan membawa laser lampu hijau untuk penentuan letak.

Satelit ini rencananya akan diluncurkan dari India pada orbit 650 km dengan kemiringan (8 derajat) sebagai muatan sekunder dengan "Megha-Tropiques".

LAPAN-A2 akan menggunakan S band (frekuensi non-amatir) untuk video pengamatan dan frekuensi amatir 437,425 MHz untuk telemetri.

Wisnu Widjaja YBØAZ adalah penanggung jawab operator pada koordinasi permintaan frekuensi untuk kedua satelit untuk dimasukkan ke  panel IARU Amateur Satellite Frequency Coordination, yang telah disetujui pada 23 Desember 2009.

Pengerjaan satelit LAPAN-ORARI dan LAPAN-A2 saat ini sudah pada tahap perakitan dan pengujian komponen.

Informasi lebih lanjut untuk  satelit ini tersedia di :


Oleh karena itu,mudah-mudahan informasi ini dapat berguna untuk anggota ORARI dan amatir radio di seluruh dunia pada satelit Lapan ORARI dan Lapan A2.

Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI)
Best 73 and thanks

Wisnu Widjaja YBØAZ

Vice Secretary General,
International Affairs Coordinator and IARU Liaison of ORARI


Lapan-Orari IARU Coordinated Frequencies
http://www.amsat.org.uk/iaru/finished_detail.asp?serial=152


AMSAT Bulletin Board AMSAT-BB
http://www.amsat.org/amsat-new/tools/maillist/


AMSAT Indonesia (AMSAT-ID)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar