Sabtu, 09 Juni 2012

The Extraordinary History of Amateur Radio Satellites

Article

Berikut adalah fakta mengejutkan; lebih dari 70 satelit Radio Amatir telah diluncurkan dalam empat dekade. Jumlah ini mengejutkan karena pesawat ruang angkasa yang canggih dan revolusioner kurang dikenal di luar komunitas ham radio.
Bahkan, private groups dari operator Radio Amatir di seluruh dunia telah merakit dan mengirim puluhan unit, dan puluhan komunikasi Radio Amatir serta satelit sains ke orbit sejak awal. OSCAR-1, diluncurkan pada tanggal 12 Desember 1961.

Kelompok utama yang terlibat dalam kegiatan ruang adalah Radio Amateur Satellite Corporation (AMSAT) yang berkantor pusat di Washington,DC. Keanggotaannya terdiri dari relawan dari spacecraft designers, kontraktor dan operator di Amerika dan di seluruh dunia.

Pada awalnya; Setelah peluncuran satelit ruang angkasa Uni Soviet pertama, Sputnik 1, 4 Oktober 1957, menimbulkan minat yang sangat besar bagi Amerika Serikat untuk meluncurkan satelit Amerika ke orbit.
Pada saat itu, Jet Propulsion Laboratory (JPL) of the California Institute of Technology, di Pasadena, sebuah laboratorium penelitian untuk Angkatan Darat Amerika Serikat. Sebulan setelah peluncuran Sputnik, Angkatan Darat meminta JPL untuk mengembangkan satelit dengan paket ilmu pengetahuan dan sistem komunikasi. Hasilnya adalah pesawat ruang angkasa kecil, 20 lbs, bernama Explorer 1.

JPL dan Army Ballistic Missile Agency, di Huntsville, Alabama, meluncurkan satelit pada salah satu roket Army's Redstone dari pusat tes rudal di Cape Canaveral, Florida, pada tanggal 31 Januari 1958. Itu adalah sebuah penerbangan bersejarah dari satelit AS pertama yang mengorbit Bumi diluncurkan dalam Cold War space race dan menyebabkan pembentukan lembaga ruang angkasa sipil NASA. Hari ini, JPL adalah pusat penelitian ruang angkasa untuk NASA.

Ham terlibat. operator radio amatir di seluruh dunia - gembira oleh sinyal radio bip-bip-bip dari Sputnik - bersiap menerima signal radio dari Explorer. Salah satu dari ribuan stasiun ham mencari signal dari ruang angkasa yang dioperasikan oleh operator ham radio JPL di substation Los Angeles County Sheriff di Temple City, California.

Beberapa amatir radio memiliki ide cemerlang. Mereka mengetahui apa pun tentang komunikasi radio. Jika pemerintah dapat membangun satelit komunikasi, kenapa kita tidak?

Satelit amatir radio pertama. Sekelompok operator Radio Amatir California, yang menyebut dirinya Proyek OSCAR, membangun satelit Amatir Radio pertama pada tahun 1961. Sejak itu lah maka satelit ham disebut sebagi OSCAR.

Proyek OSCAR membangun empat Hamsat pertama. Lalu AMSAT didirikan pada tahun 1969. Penerbangan AMSAT yang pertama adalah OSCAR-5 yang dibangun oleh Mahasiswa dari Australia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar